Bagaimana Cara Bergabung dengan FLP Medan

Unknown 2 06.20
Bagaimana cara bergabung di FLP Medan? Sebuah pertanyaan yang kerap kali diterima oleh admin Instagram FLP Medan.

Nah, postingan kali ini sengaja dibuat untuk menjawab keingintahuan para Sahabat FLP Medan. Simak baik-baik ya.

Sedikit pengenalan lebih dahulu. FLP Medan adalah organisasi kepenulisan yang berasaskan 3 pilar, yaitu Keislaman, Keorganisasian dan Kepenulisan. Jadi FLP Medan bukan hanya sekedar komunitas menulis.

FLP Medan memiliki kegiatan rutin yang lazim dibahasakan sebagai "Pertemuan Rutin". Pertemuan rutin ini berupa temu muka alias kopi darat a.k.a. Silaturahmeet yang teratur diadakan 2 kali sebulan. Kegiatan ini biasanya berupa KUKIS (Diskusi Kelas Menulis) yang berkaitan dengan 3 pilar FLP (Keislaman, Kepenulisan dan Keorganisasian), bedah karya anggota, dan jalan-jalan.

Kegiatan FLP Medan
Silaturahmeet FLP Medan

KUKIS FLP Medan dibagi dua, yaitu KUKIS khusus anggota FLP Medan dan KUKIS yang terbuka untuk umum, yang biasanya tidak dipungut biaya.

Nah, biasanya, DM Instagram dengan pertanyaan "Bagaimana cara bergabung dengan FLP Medan?" banyak masuk ketika info KUKIS yang terbuka untuk umum ini diunggah di Instagram FLP Medan.

Perlu dipahami oleh para Sahabat FLP Medan, bahwa ikut acara FLP Medan dan bergabung di FLP Medan adalah dua hal yang berbeda. Bedanya?

Kalau Sahabat bermaksud untuk ikut acara yang diadakan FLP Medan, Sahabat hanya perlu untuk mengonfirmasi kehadiran ke narahubung yang tertera di infografis.

Sedangkan jika Sahabat bermaksud untuk bergabung dengan FLP Medan dalam arti menjadi anggota FLP Medan, Sahabat harus menunggu masa perekrutan anggota baru, karena FLP Medan berbentuk organisasi bukan komunitas.

Vlogging
KUKIS FLP Medan mengenai Menulis dan Vlog

Kapan Perekrutan Anggota Baru FLP Medan?


Pendaftaran anggota baru FLP Medan tidak seperti pendaftaran beasiswa Dikti yang buka sepanjang tahun :D. FLP Medan berenegerasi setiap 2 tahun. 

Sampai artikel ini dirilis, perekrutan anggota FLP Medan Angkatan VII  terakhir kali pada Januari 2017. Artinya perekrutan anggota selanjutnya adalah sekitar Januari 2019. Masih ada kurang lebih 20 purnama untuk menanti dan memantaskan diri. Memantaskan diri? Iya, Nanti Sahabat juga akan mengerti maksudnya:D.

Dengan kata lain, Jika Sahabat memang berazzam kuat untuk menjadi anggota FLP Medan, Sahabat paling tidak akan menandai kalender pada waktu tersebut. :D


Lalu Bagaimana Teknis Perekrutan Anggota FLP Medan?


Nah, ketika tiba masa perekrutan, Sahabat juga perlu tahu bahwa untuk menjadi Anggota FLP Medan, Sahabat harus melewati 5 tahapan seleksi, yaitu:

  1. Seleksi berkas
  2. Tes tertulis
  3. Wawancara
  4. Pembekalan
  5. Inaugurasi

Penjelasan lengkap tentang 5 tahapan tersebut, Sahabat bisa membacanya di sini Resebagai bekal untuk memantaskan diri. Karena jika belum lulus seleksi, dan masih berminat untuk bergabung, artinya harus bersabar menanti 2 tahun untuk ikut seleksi kembali. 

Seleksi anggota FLP Medan
Tahap Tes Tertulis

Seleksi masuk FLP Medan bak seleksi masuk PNS ya? :D. 

Pada dasarnya FLP Medan adalah organisasi non profit. Tidak ada yang mendapatkan bayaran sepeser pun di FLP Medan. Jadi segala peluh, air mata dan darah yang terteteskan insya Allah adalah murni untuk dakwah.

Bayangkan, jika 5 tahapan seleksi itu saja pun terasa berat, bagaimana para calon anggota akan melangsungkan nafas FLP Medan ke depannya dengan tanpa imbalan? Karena sejatinya perekrutan anggota baru adalah bakal regenerasi.

Untuk menjadi bagian dari FLP Medan, semangat menulis saja tidak cukup. Meskipun berbakat, namun jika berbeda visi dan misi, berarti belum berjodoh. 

Untuk menjadi bagian dari FLP Medan, tak perlu punya bakat menulis, karena kemampuan bisa diasah. Asalkan ghirah tak berlawan arah.

Untuk menjadi bagian dari FLP Medan, pastikan kita punya tujuan dan cara pandang yang sama. Bukan sekedar untuk mengerenkan nama.
       
Kalau kata Kak Pertiwi Soraya, "Seseorang masih mungkin mengatakan, 'Agamaku Islam, tapi ya suka-suka aku', tapi ketika kamu adalah anggota FLP, kamu tak bisa sesukamu, karena kamu terikat kode etik FLP. Sekali kamu FLP, selamanya kamu FLP".

Menjadi bagian dari FLP Medan berarti siap menjadi mujahid pena.

Jadi, apakah kamu masih berminat menjadi Anggota FLP Medan?
Cara bergabung dengan FLP Medan
FLP Medan Angkatan VII

Related Posts

Event 4636844251508903460

2 komentar

salam dari shamier centaurus untuk FLP Medan.
saya memiliki beberapa keinginan:
berkeinginan untuk menerbitkan buku puisi.
berkeinginan menerbitkan novel kedua kepada penerbit mayor.

sekarang saya lagi mengerjakan novel kedua saya.

bisakah saya dapat bimbibgan dari organisasi FLP ini?

terimakasih.

ini alamat email saya:
muzammirtaurus@gmail.com

Posting Komentar

Search

Instagram

Popular Posts