Lahirnya FLP Cabang Langkat di Tengah Pandemi Covid-19

FLP Medan Reply 18.00
FLP Langkat

Pada hari Minggu tanggal 10 Mei 2020 pukul 09.00 wib bertempat di kediaman Anugrah Roby Syahputra di Jalan Labu Kelurahan Payaroba, Kecamatan Binjai Barat, Kota Binjai, beberapa pemuda Langkat hadir untuk mengikuti rapat perdana dalam agenda  "Pembentukan FLP Cabang Langkat sekaligus Pembekalan untuk Calon Anggota Baru". Kegiatan pembekalan untuk calon anggota baru angkatan I Cabang Langkat berjalan lancar dan hangat. 

FLP Cabang Langkat terbentuk atas keinginan bersama oleh para mahasiswa dan pemuda Kabupaten Langkat untuk menghidupkan literasi di daerah mereka, hingga salah satu dari mereka begitu gigih berulang menghubungi pengurus FLP Willayah Sumut untuk menanyakan perihal apa saja syarat dan ketentuan pembentukan FLP Cabang. Segala persyaratan dan ketentuan telah terpenuhi, maka diadakanlah pembentukan sekaligus pembekalan. 

Dari Langkat hanya dihadiri oleh empat orang perwakilan yakni Rina, Iskandar, Cindy dan Agung bersebab kondisi masa Pandemi Covid-19 yang tidak diperbolehkan untuk berkerumun banyak orang. Begitu pula dari Wilayah hanya dihadiri oleh Endang, Sri Rahmadani, dan Roby. FLP Cabang Langkat berhasil menyaring dua puluh calon penulis yang berkeinginan keras untuk bergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Langkat.

Dalam kegiatan pembekalan ini, Forum Lingkar Pena Wilayah Sumut sengaja menggabungkan tiga materi sekaligus mengingat kondisi dan waktu yang terbatas. Perwakilan Calon Anggota FLP cabang Langkat diberi pembekalan mengenai keFLPan atau keorganisasian oleh Sri Rahmadani, keislaman oleh Anugrah Roby Syahputra dan kepenulisan oleh Rizky Endang Sugiharti. Kegiatan yang berjalan sekitar 5 jam tersebut terasa singkat bagi anggota baru, karena suasana yang kekeluargaan membuat anggota ingin berlama-lama dalam kegiatan pembekalan.

Pembekalan ini diawali dengan kata sambutan dari Anugrah Roby Syahputra selaku tuan rumah dan pengurus wilayah Sumut. Setelah itu dilanjut dengan perkenalan dan cerita sedikit mengenai pengalaman di dunia menulis yang membuat suasana kaku menjadi cair. Selebihnya, waktu digunakan untuk mendengarkan materi dari Sri Rahmadani selaku Bendahara Umum FLP Sumut, dilanjutkan oleh Anugrah Roby Syaputra selaku Badan Pengurus Pusat Forum Lingkar Pena dan diakhiri oleh Rizky Endang Sugiharti selaku Ketua Umum FLP Sumut.

Dalam beberapa materi pengurus wilayah memberi wejangan yaitu “Menulislah hal yang baik, jika tidak bisa menulis yang baik, maka janganlah kamu menulis yang buruk”. Serta menanamkan visi dan misi Forum Lingkar Pena yang berisi visinya untuk menjadi sebuah organisasi yang memberikan pencerahan melalui literasi dan misi Forum Lingkar Pena yaitu meningkatkan mutu dan produktivitas karya anggota sebagai sumbangsih berarti bagi masyarakat, membangun jaringan penulis yang menghasilkan karya-karya berkualitas dan mencerdaskan, meningkatkan budaya membaca dan menulis di kalangan masyarakat serta memperjuangkan kehidupan yang lebih baik bagi penulis. FLP Sumut membuat pembentukan cabang dan kegiatan pembekalan ini bertujuan agar calon anggota dapat mengenal FLP lebih dalam dan mengenal angkatan yang lebih dahulu bergabung.


Kegiatan pembentukan cabang dan pembekalan berjalan cukup lancar, usai waktu 5 jam berlalu. Setelah selesai acara pembentukan cabang dan pembekalan calon anggota baru bersepakat untuk langsung menyusun Kepengurusan FLP Cabang Langkat untuk segera ditetapkan dengan Surat Keputusan (SK) oleh FLP Wilayah. Berikut struktur pengurus yang telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Ketua Umum Wilayah FLP Sumatera Utara.



STRUKTUR PENGURUS FLP CABANG LANGKAT

Nomor : SK-003/FLP/WIL/V/2020



Ketua : Iskandar Zulkarnain

Sekretaris : Rina Fitriani

Bendahara: Cindy Afriana

Koordinator Divisi Kaderisasi : Agung Meiranda

Koordinator Divisi Karya : Leci Seira

Koordinator Divisi Bisnis : Serli Andrianti

Koordinator Divisi Rumah Cahaya : Pauli Anggraini

Koordinator Divisi Humas : Sri Rahayu Br. Siregar


Setelah selesai diskusi pada acara "Pembentukan dan Pembekalan Calon Anggota” dapat disimpulkan bahwa anggota FLP Cabang Langkat butuh mengadakan berbagai kegiatan yang menggali dan membawa nama Langkat, misal menulis fiksi antologi bersama guna memperkenalkan kearifan lokalitas Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara secara luas.

Related Posts

non fiksi 7101962266024509404

Posting Komentar

Search

Instagram

Popular Posts