Resensi: 90/3 The Keys To Be A Succesful Sales Leader

FLP Medan Reply 18.00
Buku

Judul Buku      : 90/3. The Keys To Be A Succesful Sales Leader

Penulis Buku   : Alfa Maulana

Penerbit Buku: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta

Cetakan           : I

Tebal Buku      : 153 halaman

Tahun Terbit    : Desember 2018

Penjualan adalah urat nadi perusahaan. Sebagus dan seunggul apa pun produk yang diciptakan oleh perusahaan akan percuma tanpa tim penjualan yang mumpuni. Untuk itu, diperlukan peran pemimpin penjualan dalam membuat strategi penjualan agar mampu membangun image sebuah produk. Pemimpin penjualan harus memiliki pengetahuan dan keahlian sebagai pemimpin agar mampu mengembangkan timnya.

Efektivitas pemimpin penjualan ditentukan berdasarkan keberhasilannya dalam memengaruhi anggota tim penjualan dan memberikan dampak terhadap tim penjualan secara keseluruhan. Jika ingin meningkatkan efektivitas dan efisiensi tim organisasi, maka solusinya adalah meningkatkan kemampuan pemimpinnya.

Buku ini penting bagi pemimpin penjualan kategori pemula untuk menganalisis kondisi yang dihadapi dan menambah pemahaman akan konsep kepemimpinan. Pada buku ini juga dijelaskan konsep pemimpin dan manager yang memiliki perbedaan signifikan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Setiap pemimpin lahir terlebih dahulu, kemudian dibentuk dengan serangkaian keahlian yang hampir semua dipelajari dan dikembangkan. Tahap yang paling penting adalah proses pembentukan, pelatihan, dan pengembangan. Alfa Maulana mengutip buku The 5 Levels of Leadership karya Maxwell yang menyampaikan bahwa ada 5 jenjang kepemimpinan.

Pemimpin Level 1 disebut posisi. Posisi atau jabatan adalah level terendah dalam kepemimpinan. Prosesnya hanya mengandalkan hak yang diterima sehingga satu-satunya pengaruh yang dimiliki oleh seorang pemimpin adalah pengaruh yang datang bersama jabatannya. Tim mengikuti arahan karena keharusan.

Pemimpin Level 2 disebut perkenaan. Pada level ini, tim mengikuti arahan karena berkenan atau keinginannya sendiri. Pemimpin memperlakukan tim sebagai orang yang bernilai sehingga terciptalah lingkungan kerja yang menyenangkan.

Pemimpin level 3 adalah produktivitas. Pada jenjang ini, pemimpin tidak sekedar menciptakan lingkungan yang menyenangkan, tetapi memperoleh pengaruh serta kepercayaan berdasarkan hasil yang diberikan, sehingga tim mulai mengikuti pemimpin karena hal-hal yang telah pemimpin berikan untuk organisasi.

Pemimpin Level 4 adalah pengembangan orang lain. Pemimpin di jenjang ini berhasil karena mampu memberdayakan timnya dan mampu mengembangkan tim hingga menjadi pemimpin.

Pemimpin level 5 adalah jenjang puncak, dimana mampu mengembangkan tim menjadi pemimpin level 4 dan tim menganggap sikap pemimpin perlu diteladani.

Setelah memhami konsep pemimpin dan jenjangnya, Alfa Maulana melibatkan tim untuk mencapai penjualan yang efektif dan efisien dengan menentukan tujuan atau target bersama yang terukur, membangun dan mengembangkan tim, dan bersama-sama dalam proses pencapaian target atau tujuan.

Pemimpin akan lebih mudah mencapai target dan tujuan apabila mampu membangun dan mengembangkan tim sehingga kemampuannya meningkat. Lalu, kepercayaan kepada tim mulai muncul dan tidak khawatir dalam mendelegasikan tugas. Adapun dalam proses pendelegasian perlu kejelasan, dukungan dan arahan dari pemimpin sehingga tim mampu menjalankannya secara efektif.

Alfa Maulana mengatakan bahwa hasil dan proses sama pentingnya karena proses akan mempengaruhi hasil meskipun di bidang penjualan hasil adalah persoalan nomor satu. Untuk itu, pemimpin penjualan harus mampu memonitor proses agar mampu mempertahankan atau mengubah siklus tim dalam mencapai target. Peran pemimpin penjualan sangat penting untuk membangun, menginspirasi, memotivasi dan yang paling penting adalah memengaruhi.

Dalam buku ini, Alfa Maulana menggunakan bahasa yang ringan, mudah untuk dipahami, meskipun pada beberapa bagian menggunakan kata-kata asing yang tidak familiar. Selain itu, ia juga selalu menambahkan studi kasus dalam setiap pemaparan materi sehingga pembaca mampu memahami penjelasan yang disampaikan, meskipun studi kasus yang diberikan sebagian besar disampaikan secara global dan berasal dari luar negeri.

Tidak ketinggalan, Alfa Maulana juga menambahkan checklist penilaian level pemimpin, sehingga setelah mengetahui hasilnya, pembaca bisa mengetahui posisi kepemimpinannya dan bisa mengevaluasi diri.

Tentang Penulis

M. Khamdiyah merupakan Alumni Ilmu Administrasi Publik Universitas Sumatera Utara yang lahir di Aceh Barat, 05 Mei 1995.Tergabung dalam Forum Lingkar Pena dan Relawan Rumah Zakat Medan. Untuk berkomunikasi dapat menghubungi di pemilik.malika@gmail.com


Related Posts

non fiksi 3990879481549586510

Posting Komentar

Search

Instagram

Popular Posts