RESENSI: Seni Berbicara pada Anak Tanpa Ngegas

FLP Medan Reply 18.00

 

Judul Buku: Seni Berbicara pada Anak, Panduan Mendidik Anak Tanpa Ngegas!

Penulis: Joanna Faber dan Julie King

Penerbit: Bhuana Ilmu Populer

Tahun terbit: Juli 2020

Cetakan: Ke-8

Tebal: 406 halaman

ISBN: 978-623-216-595-3

Peresensi: Fitri A.

Buku ini merupakan tulisan dari sebuah kelompok parenting yang bersama-sama mencoba untuk memahami pendidikan anak usia dini. Biasanya orangtua akan sangat sulit memahami anak-anak yang belum sepenuhnya bisa berkomunikasi dengan baik dan logis.

Bagi orangtua yang belum memiliki pengalaman mendidik anak sebelumnya, buku ini akan sangat membantu untuk mengatasi masalah komunikasi dengan anak. Buku ini dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah bagaimana orangtua mengatasi masalah perasaan anak. Dan bagian kedua adalah pembahasan tentang bagaimana agar anak menurut pada orantua.

Seperti yang dikatakan penulis, berdasarkan pengalaman dalam dunia parenting, bagian pertama dari buku ini tidak disukai oleh orangtua. Padahal, agar anak bisa menurut pada orangtua, haruslah melaui proses pertama.

Proses pertama adalah memahami perasaan anak. Menurut penulis, caranya adalah dengan mengetahui perasaan anak. Patokannya adalah saat perasaan anak-anak tidak baik, mereka tidak bisa berperilaku baik. Jadi, ketika anak sedang bermasalah, cobalah gali perasaan mereka, barulah nanti dijelaskan akibat perbuatannya dengan bahasa anak-anak. Banyak cara yang ditawarkan untuk menyelesaikan masalah konflik perasaan anak ini.


Masing-masing anak memiliki karakternya sendiri-sendiri dan juga konflik yang berbeda seiring perkembangan usia anak. Solusi yang berbeda banyak ditawarkan di dalam buku ini. Strategi di dalamnya menarik bagi orangtua untuk tidak ngegas terhadap perilaku anak. Justru buku ini memberikan solusi dengan memaksa orangtua makin dekat dengan anak agar terjadi komunikasi yang baik dengan anak.

 

Selain anak-anak normal pada umumnya, buku Seni Berbicara pada Anak Tanpa Ngegas ini juga manawarkan solusi-solusi alternatif bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Buku yang tebalnya 404 halaman ini menarik sekali untuk dibaca oleh calon-calon orangtua dan pendidik anak. Banyak contoh perangkat yang disampaikan di dalamnya, juga bentuk komunikasi pada anak-anak yang membantu pembacanya untuk memahami pemaparan penulis.

 

Penulis

Fitri A. adalah seorang ibu rumah tangga yang hobi membaca dan membuat craft. Penulis dapat dihubungi di akun Instagram @fit3andriani



Related Posts

non fiksi 7281039722558027861

Posting Komentar

Search

Instagram

Popular Posts