ARTIKEL: Cerdaskan Si Kecil dengan Optimalkan Nutrisi Alami dan Stimulasi Resume dari Sebuah Webinar Bersama Dokter Tiwi

FLP Medan Reply 19.43

 

Ilustrasi

Aku sungguh tak bosan berbagi khususnya melalui tulisan dengan tema parenting, kali ini aku menuliskan Zoom Webinar yang diselenggarakan Velvet Junior dengan tema 1000 Hari Pertama Kehidupan pada 22 Desember 2020, jam 7 malam lalu.

Sesi webinar bersama Dokter Tiwi merupakan sesi keempat, bila kita ketinggalan mengikuti seluruh sesinya, silahkan akses rekaman webinar di channel YouTube Velvet Junior.

Pertama kali jumpa Dokter Tiwi dan mendengarkan pemaparannya yaitu akhir tahun 2019, saat aku hamil anak kedua di usia kehamilan 16 minggu. Meskipun sudah melewati masa punya bayi pada anak pertama, ternyata masih banyak hal yang belum aku ketahui seputaran new born apalagi tentang menyusui.

Mengetahui Dokter Tiwi hadir lagi dengan pembahasan yang menarik, bertepatan aku baru 5 bulan melahirkan anak kedua, wah semacam waktu yang tepat untuk menyerap ilmu dari dokter anak kesayangan ibu-ibu seendonesah raya ini haha, Dokter Tiwi.

Webinar malam itu dibawakan oleh presenter cantik Novita Angie, sembari menjelaskan mengenai program Yayasan Pita Kuning, sebuah yayasan yang mengkover perawatan anak penderita kanker dari keluarga tidak mampu.

Sekilas Tentang Dokter Tiwi

Sejak 20 tahun lalu, Dokter Tiwi telah berkarya dan menjadi salahsatu dokter anak yang memperkuat tim layanan RSIA Bunda Jakarta.

Disela-sela jam bekerja dan jam praktek, Dokter Tiwi mendedikasikan waktu untuk menyebarkan informasi kesehatan bayi dan anak khusus rentang usia 0 sampai 2 tahun.

Pada usia tersebut menurut Dokter Tiwi adalah periode penentu kesehatan anak di masa depannya. Pengetahuan tentu harus terus kita dapatkan, pencegahan adalah cara paling cepat untuk mensiasati gangguan pertumbuhan anak.

Dengan prinsip di atas Dokter Tiwi pun mengembangkan berbagai metode, untuk menyampaikan informasi kesehatan anak kepada masyarakat terutama untuk para orangtua melalui media digital. Maka sejak 11 tahun yang lalu ia menggagas klinikdoktertiwi.com yang kemudian dilengkapi juga dengan akun YouTube doktertiwitv, Instagram @drtiwi, dokter tiwi juga aktif jadi pembicara di berbagai event

Nutrisi Lengkap dan Stimulasi Tepat Agar Anak Tumbuh Cerdas

Zoom webinar malam itu ternyata diikuti 500 partisipan, aku mengetahui hal ini saat hendak masuk kembali setelah berhasil terpental karena signal yang tidak stabil, akhirnya aku memantau dari channel YouTube Velvet Junior.

Slide pertama dimulai dengan pemaparan, Faktor Tumbuh Kembang,

Para orangtua sekarang pasti sering banget dengar 1000 Hari Pertama Kehidupan atau disingkat 1000 HPK, sebenarnya 1000 HPK ini dimulai dari kapan sih?

Dimulai dari awal kehamilan-lah 1000 HPK ini bermula, dan itu dihitung dari 9 kali 30 = 270 hari, lahir 2 tahun, 365 kali 2, kira kira 1000 hari.

Bersebab masa 1000 hari ini diawali saat hamil, maka penting banget, bahkan jauh sebelum hamil, idealnya pasangan harus hidup sehat, lalu rencanakanlah kehamilan dengan baik dan secara sehat pula. Mengapa? Karena, jelas dokter Tiwi, otak anak berkembang sangat pesat dalam kehamilan.

Jadi urusannya seserius itu, bukan sekadar ‘bikin’ anak, tapi jauh daripada itu sebenarnya calon orangtua sedang mempersiapkan kesehatan dan kebaikan anaknya di masa depan.

Setiap dokter anak di seluruh dunia sepakat saat menilai anak adalah dari pertumbuhan dan perkembangan, kedua hal ini sepaket, tydaq terpisahkan.

Hempaskan jauh anggapan kita selama ini ‘Gak apa-apa postur tubuh anaknya kecil asal pinter’ atau ‘Tumbuh bagus, tapi pinternya ntar ajah’, tumbuh kembang harus sejalan seirama.

Ada tiga faktor yang menentukan tumbuh kembang anak :

Genetik, biasanya jika bayi lahir dalam keadaan tidak cacat atau tidak ada kelainan bawaan, sebetulnya secara genetik artinya baik.

Namun, genetik ini juga banyak yang mempengaruhinya, yaitu faktor nutrisi dan stimulasi dalam hal ini lingkungan dan pengasuhan.

Nah, hal di atas adalah dasar kita bagaimana membesarkan anak dengan baik, sehingga penting banget kita memahamkannya sejak awal, biar gak sesat dan terjebak nostalgia eh maksudnya mitos-mitos.

Itulah mengapa, masa dua tahun pertama anak, merupakan masa yang sangat penting.

Nutrisi, Kekebalan dan Stimulasi ( Bonus Bonding )

Pertumbuhan diawali dengan nutrisi. Nutrisi yang terbaik adalah dengan menyusui. Mengapa? Bisa dibilang dr. Tiwi merupakan orang yang fanatik dalam mengampanyekan pemberian ASI diawal kehidupan anak, sehingga kalau bisa saat hamil, bekali diri dengan informasi dan edukasi tentang menyusui.

Menyusui tidak sekadar memberikan nutrisi tapi juga mengandung faktor kekebalan dalam ASI dan proses menyusui itu sendiri. Sebab di sekitar aerola ibu hidup microbiota baik yang merangsang sistem kekebalan.

Selain itu dalam proses menyusui, secara tidak langsung ibu juga memberikan stimulasi pada bayi. Mengapa menyusui merupakan stimulasi awal yang sangat penting? Karena dalam menyusui, aspek yang dirangsang adalah aspek panca indera.

Bayi mendengar detak jantung ibu, nafas ibu, bayi juga sebenarnya sudah bisa melihat dengan jarak pandang kira-kira 25cm, dimana jarak ini sama dengan jarak mata ibu dengan payudara ibu, nah warna yang bisa dilihat bayi lebih jelas adalah warna hitam, yang mana warna tersebut juga pas dengan warna aerola ibu,  masyaAllah.

Jadi, Allah sudah menyiapkan tools, yang persis diperlukan bayi untuk proses stimulasi. Usia 20 minggu di dalam perut, janin pun sudah bisa mendengar.

Melihat dan mendengar adalah indera yang pertama kali berfungsi pada bayi. 

Kemudian saat ibu memeluk bayi atau saat kulit ibu bersentuhan dengan kulit bayi, apalagi ketika IMD, ini merupakan satu stimulus yang baik.

Bonus lain dari menyusui adalah bonus bonding yaitu suatu kelekatan atau relasi yang sangat penting dan khususnya sangat spesifik di usia prenatal, di 40 hari pertama atau 2 bulan pertama kelahiran.

Simpulannya, proses menyusui sejatinya memberikan nutrisi dan kekebalan yang baikserta stimulasi yang optimal dan sempurna untuk otak bayi yang hanya bisa melihat, mendengar, merasakan dan mencium bau sensasi payudara ibu, dan bonding penting dalam perkembangan emosi anak.

Usai melahirkan memang yang diperlukan ibu adalah tidur nyenyak, namun masalahnya di masa dua bulan pertama inilah semua aspek diatas sedang dibangun bayi, itu sebab, sebaiknya ibu usai melahirkan, fokus pada recovery dan bayinya. Dengan begitu ibu bisa aktif menyusui meskipun malam hari, dimana hormone prolaktin atau hormone menyusui sangat tinggi.

Pada slide berikutnya Dokter Tiwi juga menjelaskan secara khusus mengenai theory of attachment.

Kelekatan tidak otomatis tercipta, hal ini harus diusahakan dengan cara menyentuh bayi sesring mngkin, skin to skin atau menyusui, begitu proses menyusui terjadi, maka bonding pelan-pelan terbangun, selama 2 tahun loh.

Bonding ibarat amplop, jika telat menempel maka tidak akan menempel. Dengan bonding atau menyusui di awal, sebenarnya akan menurunkan stress ibu, meregulasi stress pada bayi. Bayi yang baru lahir sebenarnya mengalami stress karena baginya tempat paling nyaman adalah di rahim ibu,

Dengan proses skin to skin contact, otak bayi terbantu untuk regulasi, di ibu juga bisa kurangi stress, karena tubuh secara otomatis melepaskan hormone oksitosin.

Kunci perkembangan emosi yang baik adalah kelekatan yang pas saat menyusui.

Lalu apalagi yang dapat membuat bayi cerdas ? yes, memijat atau massage. Memijat ini banyak manfaatnya baik untuk si ibu maupun bayi. Manfaat memijat bayi, sebagian besar indra pada bayi terangsang, lebih aktif dan responsive, rileks dan mudah diatur, perkembangan motorik dan perilaku lebih baik, nafsu makan bertambah, tidak mudah rewel dan lebih sedikit menangis

Aspek Perkembangan Pada Bayi

Tadi pada permulaan sudah membahas nutrisi yaitu menyusui selanjutnya membahas stimulasi. Stimulasi atau rangsangan apa yang sebaiknya dilakukan pada bayi?

Banyak orangtua yang menganggap bayi gak bisa ngapa-ngapain, padahal disinilah mereka tumbuh sangat pesat dan sayang banget dilewatkan dengan ketidakpahaman orangtua, sebab masa itu bakal gak balik lagi toh.

Aspek pertama yang berkembang pada bayi saat menyusui adalah aspek sensorik, diharapkan otak bayi terbuka sehingga siap menerima rangsangan

Aspek berikutnya yang berkembang adalah motorik kasar, halus dan vestibular. Vestibular ini yang saya 

Motorik kasar yang sebaiknya ibu ajarkan adalah menengkurapkan bayi atau istilah kerennya tummy time. Indikator tercapainya motorik kasar pertama pada bayi adalah mengangkat kepala, sebenarnya bayi baru lahirpun kalau kita letakkan dia di dada, dia akan angkat kepalanya.

Hal ini dilakukan saat bayi bangun.

Motorik halus akan terjadi bila bayi diberikan kesempatan untuk meraih, disarankan bayi gak perlu pakai sarung tangan. Motorik halus pertama pada bayi adalah meraih. Merangsang bagian otak yang berhubungan dengan tangan, jika tangan kanan yang masuk, yang dirangsang adalah otak kiri.

Aspek berikutnya adalah komunikasi, hindari memberikan bayi gadget, di bawah 2 tahun, meskipun itu televisi yang memang tidak ditonton bayi, tapi bayi dapat mendengar suara, namun itu suara tivi bukan orang, kalau mendengar lagu bole gak? Bole, tapi mendengarkan percakapan orang di tv, gak dibolehkan, supaya interaksi yang terbangun adalah dengan orang,

Kognitif, kecerdasan, kemandirian, ini semua akan terjadi jika dasarnya kita berikan yaitu sensori terangsang, motoric halus dan kasarnya terangsang, interaksi terbangun, maka otak bayi akan saling bersambungan.

Milestone Pertumbuhan dan Perkembangan 0-12 bulan

Literatur seputar milestone ini ada banyak di mesin pencari, dengan memiliki pedoman milestone, orangtua mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan demi memfasilitasi bayi.

Dokter Tiwi pada sesi ini fokus banget bahas tummy time atau tengkurap, dan aku baru tahu buanyak banget manfaat bayi tengkurap.

Usia 1-2 bulan sering aja ditengkurapin, lebih sering akan lebih bagus, 5-6 kali sehari, dengan durasi yang bertahap.

Aku sempat melakukan ini pada anak keduaku, walau tanpa tahu neneknya haha, modalnya aku lihat di sosial media dan ngobrol ke bayi ‘yuk Nak, kita tummy time’ , Alhamdulillah anaknya senang, tiap abis mandi selalu aku tengkurapin.

Selama nengkurepin bayi jangan ditonton aja bayinya, kita harus berikan mainan, atau  aktifitas yang buat bayi senang tengkurap, bayi yang tengkurep lalu diajak main dia menunggu, kalau aku ditengkurepin aku bakal diajak main nih,

Tummy time adalah dasar dari perkembangan selanjutnya yaitu merayap dan  merangkak.

Ada banyak organ yang terangsang saat bayi tummy time seperti organ dalam mulutnya. Jika bayi tengkurep, kepala tegak, maka langit-langit mulutnya akan melengkung membuat lidah akan leluasa bergerak. Jika banyak terlentang lidah seolah banyak memenuhi rongga mulut, sehingga akan menyulitkan saat makan.

Begitu juga saat merangkak, panggul tadinya datar, panggul akan buat rumah yang baik, jika berdiri, pangkal panggul akan memiliki posisi yang baik.

Dari bulan ke bulan harus milestone apa yang harus dicapai, penting banget jadi fokus orangtua.

Pertumbuhan dan Perkembangan Harus Optimal

Pertumbuhan yang dinilai utama pada bayi adalah berat badan, parameter berikutnya tinggi badan dan lingkar kepala.

Satu tahun pertama harus dapat BB ideal . Di atas angka 1 tahun pertumbuhan akan melambat, jadi kudu ngebut di 1 tahun ke bawah.

Penilaian BB bisa dilihat dari grafik, bisa dicek di aplikasi Primaku, jadi bukan asal nebak saat menggendong anak haha.

Tentang MPASI

Secara khusus, aku pernah membahas MPASI di blog. Jika ada artis yang memberikan anaknya MPASI dini sebenarnya sah-sah aja karena penilaiannya sangat individual jelas Dokter Tiwi.

Pada awal MPASI wajib berikan 3 jenis makronutrien yaitu karbohidrat, lemak dan  protein. Jangan terlalu banyak pemberian sayur dan buah, ini prinsipnya dikenalkan saja.

Ibu adalah dokter terbaik bagi anaknya. Dokter anak hanya mendampingi, tutup Dokter Tiwi

Semangat belajar ya para orangtua!

 Tentang Penulis

Nurul Fauziah, ibu dua putra, momblogger, Montessorian and social media enthusiasts, tinggal di Medan. Pemilik situs www.nufazee.com


Related Posts

non fiksi 888145130729499051

Posting Komentar

Search

Instagram

Popular Posts