KARYA PILIHAN : KEBIASAAN LAMA YANG SEOLAH BARU

FLP Medan Reply 19.22


(Ilustrasi : detik.news.com)

KEBIASAAN LAMA YANG SEOLAH BARU

Oleh : Malikatul Khamdiyah

Roda berputar, waktu berjalan dan semoga kita tidak pernah ketinggalan dalam mengimbangi perubahan. Benar kata orang bijak bahwa tidak ada yang pasti selain perubahan. Perubahan adalah sebuah kepastian dan keniscayaan sehingga sebagai manusia kita juga dituntut untuk mengikuti perkembangan.

Kebanyakan orang berharap mampu melewati tahun demi tahun dengan kondisi yang lebih baik, tetapi ada sebagian orang yang tidak berani berharap apapun di masa yang akan datang. Sebagian orang ini membatin Bisa begini sampai hari ini aja, udah syukur. Semoga kita semua mampu seperti kebanyakan orang yang memiliki harapan di masa yang akan datang.

Hari ini, dunia benar-benar berubah. Banyak orang yang terseok-seok mengikutinya, lebih banyak lagi yang ngesot saking tak terikuti lagi perubahannya. Semua berubah karena makhluk kecil bernama COVID-19, ia memaksa kita untuk menghilangkan rutinitas yang berpuluh-puluh tahun tercipta.

Tahukah kamu? Di zaman yang serba canggih dan penuh teknologi ini, tetap saja peran manusia tidak akan pernah tergantikan oleh apapun. Tetap saja, kehadiran guru dikelas tidak akan tergantikan dengan kehadiran guru melalui aplikasi konferensi. Banyak bagian yang hilang dan banyak hal yang tidak akan tersampaikan dengan baik, belum lagi sinyal mampu mempengaruhi segalanya.

Tetapi, tidak ada hal yang terjadi tanpa makna terkandung di dalamnya. Setelah melalui kondisi social distancing dan kemudian muncul istilah PPKM (Perlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) dengan berbagai level ini, pembelajaran tatap muka sudah dapat dilakukan meski dengan cara terbatas. Kebiasaan lama berupa sekolah tatap muka seolah menjadi kebiasaan baru sehingga baik guru maupun siswa perlu menyesuaikan diri.

Harapannya para siswa akan lebih menghargai guru di depan kelas. Pun sebaliknya, guru akan membimbing siswa dengan lebih maksimal. Selain itu, harapannya para orang tua menyadari bahwa pendidikan utama anak berada dirumah dan menjadi peranan penting orang tua dalam menentukan keberhasilannya sedangkan sekolah hanyalah sarana penunjang.

Posting Komentar

Search

Instagram

Popular Posts